Macam-Macam Ideologi Yang Harus Diketahui

Macam-Macam Ideologi

Apakah kamu masih ingat tentang istilah ideologi? Istilah ideologi pertama kali digunakan oleh seorang filsuf yang menulis tentang Revolusi Prancis bernama Filsuf Prancis Destutt de Tracy dalam konteks modern pada tahun 1796. Ideologi berasal dari 2 istilah Yunani yaitu “Idein” dan “Logos”. Idein memiliki arti melihat,memandang, cita-cita dan ide sementara Logos memiliki arti logia atau ilmu. Dari dua kata tersebut dapat disimpulkan bahwa ideologi merupakan cara pandang dan berpikir seseorang terhadap kesuksesan dan kemajuan suatu negara. Berikut ini macam-macam ideologi yang telah dirangkum oleh Tomboythemovie

Macam-Macam Ideologi

1. Ideologi Liberalisme

Ideologi liberalisme merupakan ideologi yang cukup terkenal di kalangan masyarakat dunia. Pasalnya ideologi ini menekankan kepada kebebasan masyarakat di suatu negara dalam mengemukakan pendapat, menentukan sendiri berbagai hak umum seperti hak beragama, hak berpolitik dan hak lainnya. Ideologi liberalisme menekankan 3 jenis nilai yaitu Life, Liberty, Property.

Banyak negara yang menggunakan paham ini karena dianggap yang paling sesuai dengan setiap keinginan individu. Secara alamiah setiap individu tidak suka disuruh, diatur, dan sangat ingin kehendaknya diwujudkan. Prinsip bahwa setiap orang harus mendapatkan kesempatan yang sama dalam mewujudkan sesuatu sangat ditekankan dalam ideologi ini. Liberalisme dapat tumbuh dengan cepat jika diiringi dengan sistem demokrasi.

Negara yang menganut sistem ini percaya bahwa kekuatan utama dalam membangun sebuah negara berasal dari kebebasan dalam sebuah tatanan. Tapi kenyataannya seringkali menyebabkan keributan khususnya pada pandangan politik dan agama. Ideologi liberalisme mempunyai ciri yang khas yaitu pemerintah berfungsi bukan sebagai regulator melainkan sebagai pengawas.

2. Ideologi Kapitalisme

Ideologi kapitalisme tak kalah terkenalnya dengan ideologi liberalisme. Kata kapitalisme berasal dari kata “Kapital” yang mempunyai arti modal. Ideologi Kapitalisme pertama kali dipopulerkan oleh Adam Smith atau yang sering dikenal juga dengan bapak ilmu ekonomi dunia.

Adam Smith menyetuskan ideologi kapitalisme karena ia tidak menyetujui ideologi merkantilisme yang sangat populer di jamannya. Tanah adalah sumber modal utama dalam kehidupan merupakan prinsip yang dianut ideologi merkantilisme. Adam Smith menganggap bahwa tidak hanya tanah sebagai faktor modal utama melainkan mempunyai faktor utama lainnya. Modal utama sesungguhnya yaitu modal itu sendiri merupakan alasan lainnya ia menolak paham merkantilisme.

Adam Smith mempunyai sebuah teori yang terkenal tentang ideologi kapitalisme yaitu teori invisible hand atau tangan yang tidak terlihat yang berbunyi bahwa di dalam sistem ekonomi suatu negara pasti akan ada suatu faktor yang selalu mengarahkan pasar untuk bekerja menjalankan fungsinya.

3. Ideologi Marxisme

Ketidakadilan sistem ideologi kapitalisme membuat ideologi Marxisme lahir sebagai bentuk protes Karl Max. Ia menganggap ideologi kapitalisme merupakan suatu kesalahan karena hanya akan memperkaya pemilik modal dan membuat kaum buruh mengorbankan dirinya. Sistem kapitalisme mempunyai prinsip bahwa mereka ingin meminimalisir modal dan ingin mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dengan cara memaksa buruh kerja berjam-jam dengan memberi upah yang minimum. Maka dari itu paham ini perlu diubah menjadi paham yang lebih baik. Ideologi ini dianggap menjadi propokator lahirnya ideologi komunisme.

4. Ideologi Sosialisme

Pada abad ke 19 di negara France berkembanglah ideologi sosialisme dan disebarkan ke berbagai negara lainnya. Pencetus ideologi Marxisme yaitu Karl Max juga merupakan tokoh ideologi sosialisme. Karl Max tidak menyukai sistem ideologi kapitalis membuat sistem ekonomi, sistem politik dan sistem sosial dengan ideologi Marxisme. Hal ini dilakukan Karl Max karena rasa empatinya terhadap nasib buruh dan tani. Persatuan seluruh rakyat akan menjadi tumbang karena kekuatan kapitalis yang menyesengsarakan kaum urban tersebut.

Saat ideologi sosialisme diterapkan pun menuai banyak kritik walaupun negara yang menerapkan sistem ini mempunyai maksud baik yaitu menjadikan neg ara sebagai sebuah regulator supaya aset dikelola dan dikuasai guna kemajuan bersama. Pasalnya sistem ini dianggap tidak adil, karena pemerintah akan membagi rata penghasilan tersebut tanpa melihat beban yang dikerjakan masing-masing individu dan akan menjadi sangat tidak adil karena pemerintah pun membayar upah pengangguran.

5. Ideologi Nasionalisme

Kedaulatan negara sebagai hal yang mutlak dan tidak boleh diganggu oleh pihak manapun merupaka tujuan utama ideologi nasionalisme. Setiap warga negara yang tinggal di negara yang menganut sistem ini dituntut memiliki rasa cinta tanah air dan berkorban secara gotong royong demi menjaga kedaulatan negara.

Macam-macam Ideologi Nasionalisme

  • Nasionalisme kewarganegaraan (sipil)
  • Nasionalisme etnis
  • Nasionalisme romantik

6. Ideologi Feminisme

Pada abad ke-18 ideologi feminisme mulai berkembang karena sebuah tulisan yang berjudul A Vindication of the Right of Women. Ideologi ini mengacu kepada kewajiban bagi seluruh perempuan dan kesetaraan hak meliputi hak politik, ekonomi, agama, budaya, sosial, ruang publik dan ruang pribadi. Memperjuangkan hak perempuan yang dulu kala tidak boleh berpolitik, bersekolah dan hak lainnya.

7. Ideologi Demokrasi

Negara Indonesia menganut ideologi Demokrasi sebagai sistem pemerintahannya. Demokrasi terdiri dari 2 kata yaitu Demos yang berarti rakyat dan Kratos yang berarti kekuasaan. Jadi demokrasi berarti kekuasaan yang berada di tangan rakyat. Dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat menjadi ciri khas negara yang menganut paham ini.

8. Ideologi Anarkisme

Negara merupakan sebuah gangguan dan tidak perlu ada merupakan paham yang dianut ideologi anarkisme. Sebuah tatanan negara dan politik dianjurkan untuk dibubarkan dan digantikan dengan tindakan sukarela dari setiap warga negara merupakan tujuan dari ideologi anarkisme. Setiap orang bebas melakukan apapun sesuai kehendaknya masing-masing. Ideologi ini masih dianut oleh sebagian wilayah di Negara Spanyol.

Setiap ideologi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Setiap negara mempunyai hak mimilih ideologi apa yang mau dianut. Menurutmu ideologi mana yang cukup menarik?