Cara Membuat Teks Ceramah Yang Menarik

Cara Membuat Teks Ceramah

Tomboythemovie – Kalau kamu mendengar kata ceramah, pastinya pikiranmu langsung tertuju pada pemuka agama, yang sedang menyampai kan khutbah kepada umat seagamanya. Pemikiran yang tak salah, sebab ceramah merupakan salah satu public speech yang sering kita jumpai di lingkungan sekitar. Cara membuat teks ceramah sendiri bisa dibilang cukup mudah kalau tahu strukturnya.

Ceramah biasanya dilakukan oleh orang yang sudah ahli dalam bidangnya. Kegiatannya dilakukan antara pembicara dan pendengar. Tujuan sang pembicara adalah untuk menyampaikan informasi serta pengetahuan, yang bersifat persuasif.

Cepat atau lambat, kamu pasti akan dituntut untuk berbicara di depan umum menyampai kan sepatah dua patah kata. Untuk berceramah. Pastikan memberikan ceramah yang menarik dan menentukan topik yang kira-kira akan disukai oleh pendengar.

Struktur Teks Ceramah

Sebelum memulai membuat ceramah, sebaiknya kamu mengetahui dengan betul strukturnya terlebih dahulu.

Secara garis besar struktur teks ceramah ceramah terdiri dari pendahuluan, isi dan penutup. Dalam membuat teks ceramah yang menarik, kamu sebaiknya tidak asal menulis. Tujuan dari garis besar tadi adalah agar kamu bisa fokus dan mengerjakannya dengan disiplin.

1. Pendahuluan

Pembuka biasanya diisi dengan salam terlebih dahulu, dilanjutkan dengan pujian terhadap Tuhan YME. Dalam bagian ini juga kamu bisa masukkan gambaran awal terhadap apa yang ingin kamu bahas dalam isi ceramah.

2. Isi/Argumen

Untuk bagian ini kamumulai serius menyampaikan argumenmu. Melampirkan beberapa data yang kuat dari apa yang sedang kamu bahas menjadi bagian penting untuk meyakinkan pendengar terhadap gagasanmu. Data yang kredibel bisa kamu dapatkan dari website atau kutipan dari para ahli.

3. Penutup

Bagian yang sulit untuk beberapa orang adalah penutup. Tak jarang dari mereka yang sudah menyampaikan pesan dengan semangat harus berakhir dengan biasa saja, karena penutup yang kurang elegan.

Dalam penutup kami menyarankan agar kamu menyampaikan intisari serta melampirkan imbauan secara singkat, supaya pendengar tidak bosan juga bingung membedakan antara isi dan kesimpulan.

Untuk mempelajari materi teks ceramah lebih lanjut dan melihat contoh-contohnya, kunjungi website https://pendidikanpedia.com/.

Cara Membuat Teks Ceramah

Dalam membuat teks ceramah, tentunya kamu tidak boleh sembarangan begitu saja. Diperlukan aturan dan hal-hal yang harus kamu perhatikan agar ceramah menjadi menarik dan pendengar mau mendengarkan secara seksama.

Berikut cara membuat teks ceramah yang menarik.

1. Menentukan Tema

Langkah pertama adalah menentukan tema yang akan disampaikan kepada audiens. Tema biasanya disesuaikan dengan siapa yang menjadi pendengar dalam berceramah apakah mereka kalangan umum, pelajar, atau anak-anak.

Sebaiknya kamu cari tema yang menjadi pembicaraan hangat belakangan ini. Selain itu, tema dalam ceramah bisa kamu sesuaikan dengan hari-hari khusus seperti hari raya idul fitri, hari pergantian tahun, hari natal dan lain sebagainya.

2. Menyusun Kerangka

Kerangka dalam ceramah bertujuan untuk memudahkan penceramah. Agar dalam menyajikan ceramah bisa lebih urut dan sistematis. Kamu usahakan dalam menyusun kerangka ini mengambil satu gagasan saja. Gagasan tersebut juga harus disampaikan secara logis supaya pendengar tidak ambigu saat mendengarnya.

3. Aturan Berceramah

Dalam menulis ceramah, kamu dituntut untuk memperhatikan beberapa aturan. Jangan sampai ceramahmu mengandung hal yang provokatif. Juga jangan sampai menyinggung pihak lain.

4. Mengembangkan Teks Ceramah

Yang terakhir, kamu harus mengkaji bahan ceramahmu secara kritis sesuai dengan topik agar menjadi ceramah yang utuh dan lengkap. Cek bahan ceramahmu, pastikan jangan sampai menimbulkan pro-kontra.

Buang bahan yang menurutmu tak terlalu penting untuk dibahas agar audiens bisa berfokus pada topik awal yang kamu bawakan. Selain itu, kamu harus bisa menguasai bahan teks ceramahmu dengan memberikan gagasan yang logis

Baiklah, itu tadi beberapa cara membuat teks ceramah yang menarik dan bisa langsung kamu praktikkan untuk membuat bahan ceramahmu sendiri. Terima kasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa lagi!