8 Indikator Utama SEO Yang Harus Dilakukan

Indikator Utama SEO

Tomboythemovie –¬†Setidaknya ada delapan metrik SEO berdasarkan algoritme terbaru Google, dari struktur URL hingga kecepatan situs web.

8 Indikator Utama SEO

Indikator SEO utama selalu berubah secara berkala. Indikator ini berubah sesuai dengan algoritma Google. Saat Google memperbarui algoritmanya, metrik SEO berubah.

1. Struktur URL

Struktur URL yang sederhana memudahkan mesin pencari untuk membangun situs web Anda dan topik utama yang dicakupnya. Sebaiknya buat struktur URL sederhana, yang hanya berisi nama domain dan judul artikel.

2. Menggunakan SSL / TLS

Sejak 2014, Google mulai memprioritaskan situs web yang menggunakan SSL / TLS. Karena situs web dengan SSL / TLS mengenkripsi semua transfer data yang terjadi di situs web tersebut. Oleh karena itu, keamanan data pengguna lebih terjamin.

Selain itu, Google Chrome telah menandai situs web tanpa SSL / TLS sebagai tidak aman. Jika situs domain Anda belum menggunakan SSL / TLS, kini saatnya mengaktifkannya.

Cara untuk mengetahui apakah website Anda sudah menggunakan SSL / TLS atau belum adalah dengan melihat alamat website Anda di browser. Jika selalu dimulai dengan HTTP, itu berarti situs Anda tidak menggunakan SSL / TLS. Situs web dengan SSL / TLS diaktifkan, alamat situs web mereka dimulai dengan HTTPS.

3. Tema konten

Anda perlu memiliki beberapa tema utama yang saling berhubungan untuk membuat struktur situs web yang baik. Setelah menentukan beberapa topik utama, Anda perlu membuat konten tentang topik tersebut.

Misalnya, Anda memiliki blog perjalanan. Setidaknya ada beberapa topik utama seperti perjalanan, makanan dan akomodasi. Ketiga tema tersebut terkait dengan tema utama blog yaitu travel.

Semakin banyak konten yang tercakup dalam topik terkait, semakin besar kemungkinan situs Anda muncul di halaman pertama hasil penelusuran untuk topik tersebut. Karena mesin pencari lebih mudah mengenali situs web dengan konten terkait.

4. Maksud penelitian

Kata kunci dapat berhubungan dengan dua atau lebih hal yang berbeda. Maksud pencarian atau maksud pencarian adalah yang paling diinginkan mesin pencari untuk kata kunci tertentu.

Misalnya, saat Anda memasukkan kata kunci “bola” ke Google, hasil pencarian teratas Anda akan menampilkan berbagai berita portal.

Mengapa situs web yang melihat arti bola, jenis bola, jenis bola tidak dapat memenangkan kata kunci ini? Karena pengguna mencari dengan kata kunci “bola” untuk mencari berita, bukan definisi bola dan tipenya. Itulah mengapa Google memprioritaskan konten yang sesuai dengan maksud pencarian mayoritas pengguna.

5. Struktur konten

Bersamaan dengan menyesuaikan konten Anda dengan maksud penelusuran, Anda juga harus membuat konten yang mudah diterapkan. Permudah pembaca untuk menemukan jawaban di konten Anda dengan struktur yang rapi dan rapi.

Caranya cukup sederhana, yaitu menggunakan judul dan subtitle untuk poin-poin terpenting dari konten. Anda juga dapat menambahkan foto, ilustrasi, infografis, atau bahkan video untuk membantu Anda memahami konten Anda.

6. Tag meta

Tag meta terdiri dari tag judul dan deskripsi meta. Fungsinya untuk membantu Google memahami konten suatu halaman web. Pertama-tama, tag judul adalah judul artikel Anda yang muncul di hasil pencarian. Judul artikel tidak boleh terlalu panjang karena Google akan memotongnya sesuai standar yang berlaku.

Kedua, deskripsi meta adalah teks yang merangkum konten Anda di hasil pencarian. Teks ini dapat ditemukan langsung di bawah judul dan URL artikel. Deskripsi meta umumnya memiliki panjang antara 120 dan 130 karakter.

7. tautan balik

Backlink masih menjadi salah satu faktor terbesar dalam SEO. Semakin banyak backlink ke website Anda, Google akan menganggap website Anda memiliki kredibilitas tinggi. Namun, backlink juga harus berasal dari situs web atau blog berkualitas, bukan blog atau situs web berkualitas rendah.

8. Kecepatan situs web

Kecepatan memuat situs web memainkan peran penting dalam SEO Anda. Sejak 2018, Google telah menetapkan kecepatan pemuatan situs web (di desktop dan perangkat seluler) sebagai salah satu metrik kursus SEO utama. Semakin cepat memuat situs web, semakin besar kemungkinan untuk mendapat peringkat lebih tinggi di hasil pencarian Google.