4 Peran dan Manfaat Penting Jasa Hukum Pengacara

Peran dan Manfaat Penting Jasa Hukum Pengacara

Tomboythemovie –┬áBerikut adalah penjelasan yang lebih detail tentang 4 peran dan manfaat penting jasa hukum pengacara, baik bagi perorangan maupun badan hukum, atau dengan kata lain menempa layanan (mandat) hukum dengan advokat. Berikut penjelasannya:

LINGKUP LAYANAN HUKUM

1. Nasihat hukum atau nasihat hukum

Pengacara akan memberikan nasihat hukum kepada klien dalam hal masalah hukum terkait dengan masalah hukum yang mereka hadapi. Misalnya dalam dunia usaha dan / atau pengusaha usaha kecil dan menengah (UKM), bagaimana memberikan pendapat hukum tentang kontrak komersial, perjanjian dengan pihak ketiga, masalah ketenagakerjaan, menganalisis (review) kontrak atau perjanjian perdagangan dalam bahasa yang lebih mudah dipahami oleh klien, merancang (draft) kontrak atau perjanjian yang dibutuhkan oleh klien, hal-hal yang berkaitan dengan hukum perdata atau pidana, serta memberikan pendapat atau nasihat hukum tentang kelangsungan bisnis klien agar tetap mematuhi hukum yang berlaku di Indonesia.

2. Bantuan hukum

Pengacara akan memberikan bantuan hukum kepada klien dalam semua bisnis atau kegiatan hukum terhadap pihak ketiga, seperti:
di. Negosiasi dalam hal sengketa yang timbul dalam masalah hukum yang diperoleh klien dalam masalah hukum perdata atau pidana.
kedua. Mendukung klien dalam tindakan hukum seperti pembelian dan penjualan barang bergerak dan tidak bergerak sehingga terlindungi oleh semua aspek hukum yang tidak akan merugikan klien di masa mendatang.

Mengambil tindakan yang diperlukan untuk mencegah dan / atau memulihkan kerugian berupa pemulihan piutang dan aset (pemulihan piutang dan aset) dari pelanggan.

3. Legalitas dan lisensi

Memastikan legalitas dan lisensi klien, terutama bisnis, tetap valid dan sesuai dengan regulasi yang berlaku, seperti: tindakan perusahaan, keputusan dan persetujuan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia ( SK Menkumham), Alamat surat kabar, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Surat Izin Badan Usaha (SIUP), Tanda Daftar Usaha (TDP) serta legalitas dan izin lainnya;

4. Litigasi

Pengacara atau pengacara akan memberikan bantuan hukum, mendampingi atau mewakili klien dalam penanganan perselisihan yang melibatkan klien, baik sebagai penggugat, tergugat, penggugat, tergugat atau rekan tergugat dalam masalah perdata. Dan juga dalam kasus pidana yang melibatkan klien seperti saksi, jurnalis, responden, tersangka atau terdakwa.

KEUNTUNGAN LAYANAN HUKUM

Biaya yang dikeluarkan lebih rendah karena Anda tidak perlu membayar setiap kali Anda membutuhkan jasa hukum dari firma hukum;
kedua. Kepentingan hukum Anda akan lebih terjamin, karena dengan konsultan hukum tetap, firma hukum akan mengutamakan pengelolaan hukum; Iya
Adanya penasihat hukum tetap bagi perorangan, baik di organisasi, bisnis, sekolah, yayasan atau usaha kecil menengah (UKM) dan lain-lain akan meningkatkan kredibilitas Anda di mata konsumen, rekan kerja dan tentunya juga dari hubungan Anda. akan meningkat.

Topik di atas adalah pentingnya peran dan manfaat jasa pengacara, baik bagi perorangan maupun badan hukum, atau dengan kata lain terciptanya jasa hukum (mandat) dengan advokat. Tentunya jasa hukum yang diberikan oleh advokat sangat instrumental dan bermanfaat, dan umumnya jangka waktu untuk jasa hukum tersebut bervariasi, ada yang menjalin kerjasama hukum dalam kontrak jasa hukum untuk jangka waktu 6 (bulan). ), per jangka waktu 1 (satu) tahun. , atau untuk jangka waktu 2 (dua) tahun dan sebagian menggunakan jasa hukum dari Pengacara atau Pembela secara kasus per kasus. Hal ini tergantung dari kesepakatan kedua belah pihak antara klien dan kuasa hukum yang akan memberikan jasa hukum kepada klien.