Strategi Instagram Marketing

Strategi Instagram Marketing

Tomboythemovie – Instagram dikenal publik sejak pertama kali diluncurkan pada 2010. Kemudian, sejak Instagram resmi diambil alih Facebook pada 2012 lalu, fitur-fitur baru yang ditawarkan semakin memikat para pengguna internet. Sebagai aplikasi foto dan video serta jejaring sosial terpopuler, peran Instagram cukup penting untuk mendorong pertumbuhan bisnis. Terutama strategi pemasaran Instagram yang kini banyak digunakan untuk toko online, restoran, biro perjalanan, e-commerce, dll.

Instagram mendapat peringkat sebagai aplikasi paling efektif untuk branding. Namun, tidak semua pemilik bisnis mengetahui cara yang tepat untuk meraih kesuksesan pemasaran Instagram. Selain membuat akun berdasarkan nama perusahaan, menampilkan gambar profil atau logo perusahaan yang menarik, dan menautkan ke situs web, masih banyak yang harus dipertimbangkan.

Karenanya, dalam artikel ini, kami akan secara khusus melihat cara yang benar untuk menangani pemasaran Instagram. Karenanya, ini dapat membantu meningkatkan penjualan produk Anda di media sosial. Berikut penjelasan dari Pembicara Internet Marketing

1. Edit foto dengan filter yang sesuai

Berdasarkan data penelitian Simply Measured tentang filter paling populer dan paling sering digunakan dari berbagai merek, menunjukkan bahwa 14% filter Lo-Fi digunakan. Berikutnya adalah Valencia dengan 12%, Naik dengan 12%, Amaro dengan 11%, Hudson dengan 9%, Sierra dengan 9%, X-Pro II dengan 8% dan Hafe dengan 7%. Peran filter Instagram bukan hanya untuk menunjukkan estetika, tetapi untuk merepresentasikan bisnis Anda secara keseluruhan.

2. Melihat foto tim atau karyawan Anda

Selain itu, untuk memastikan kesuksesan pemasaran Instagram, Anda dapat menunjukkan aktivitas yang dilakukan tim atau karyawan Anda. Tujuan Anda adalah untuk menunjukkan proses kerja di balik layar bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat meyakinkan konsumen bahwa bisnis Anda memiliki proses kerja yang baik sesuai dengan reputasi yang telah dibangunnya.

3. Pembaruan konten secara teratur

Berdasarkan pengalaman para wirausahawan yang telah berhasil menggunakan pemasaran Instagram, memperbarui konten akun bisnis secara rutin dapat meningkatkan jumlah pelanggan. Seperti yang dilakukan Daniel Dipiazza dengan mengupdate konten secara rutin yaitu setiap dua jam sekali, ternyata dapat meningkatkan jumlah follower secara drastis, bahkan mencapai 10.000 follower per bulan.

4. Ikuti kembali

Sebagian besar akun bermerek Instagram umumnya enggan mengikuti pengikut baru mereka. Bahkan status berikut menampilkan angka 0 untuk menjaga reputasi sebuah tanda kelas. Meskipun Anda melakukan ini, Anda dapat mengetahui postingan mana yang dapat menarik atau paling disukai penonton. Selain itu, mengikuti akun calon pelanggan Anda bisa menjadi seperti hadiah bagi mereka karena mengikuti akun Instagram lama Anda.

5. Tautkan Instagram dan Facebook untuk mempromosikan bisnis Anda

Untuk mendapatkan audiens yang besar atau jangkauan yang lebih luas, Anda perlu menghubungkan akun Instagram Anda ke Facebook. Saat Anda memposting video di Instagram, Anda juga dapat membagikannya di Facebook secara bersamaan. Pasalnya, Facebook memiliki 818 juta pengguna aktif di seluruh dunia, sedangkan Instagram memiliki pengguna lebih sedikit dibanding Facebook, yakni 130 juta. Jadi jika Anda menghubungkan keduanya, jangkauan merek meluas.

6. Berbagi permintaan untuk berbagi (SFS)

Selain hal-hal tersebut di atas, salah satu upaya untuk menumbuhkan pemasaran Instagram yang sukses adalah strategi share-for-share. Anda dapat melakukannya dengan mempromosikan mitra bisnis melalui aplikasi markup atau penerusan. Dengan cara ini mereka juga akan mengembalikan uang Anda ke akun bisnis Anda. Jadi hasil yang Anda dapatkan meningkatkan jumlah pengikut.

Jadi, dengan melakukan pemasaran Instagram yang tepat, merek Anda akan sukses melalui pemasaran media sosial. Sehingga transaksi dan penjualan produknya juga meningkat.