Aplikasi Pendukung Untuk Belajar Online

Aplikasi Pendukung Untuk Belajar Online

Tomboythemovie – Wabah virus corona semakin meluas, terutama bagi pelajar dan anak sekolah karena pemerintah menghentikan sementara kegiatan di sekolah dan menggantinya dengan belajar online di rumah. Ada beberapa pilihan aplikasi pembelajaran online yang dapat digunakan siswa di rumah.

Beberapa sekolah telah mengikuti kemajuan teknologi dengan menerapkan edutech (teknologi pendidikan), baik aplikasi pembelajaran online buatan sekolah maupun platform yang sudah tersedia di Google Play Store.

Faktanya, berbagai layanan aplikasi pembelajaran online disediakan oleh perusahaan teknologi dan startup pendidikan. Dari fungsi guru / sekolah untuk membuat “kelas online”, program belajar mandiri, hingga program pengajaran langsung seperti sekolah sehari-hari.

Di antara banyak aplikasi pembelajaran online di Play Store, berikut adalah rekomendasi Academia Indonesia untuk aplikasi pembelajaran online yang mudah digunakan untuk siswa selama #DiRumahAja.

1. Ruangguru

Ruangguru merupakan salah satu dari sekian aplikasi pembelajaran online yang dikenal masyarakat Indonesia. Aplikasi Ruangguru didirikan oleh Adamas Belva Syah Devara yang merupakan staf Presiden Republik Indonesia.

Aplikasi pembelajaran online ini menyediakan kurikulum nasional untuk semua level sekolah dan mata pelajaran inti dan dipimpin oleh para guru anggota Ruangguru. Program ini dapat digunakan oleh semua pengguna aplikasi, baik yang terdaftar maupun tidak.

Program ini dapat digunakan oleh siswa yang sekolahnya sedang tutup atau tidak. Sesi sekolah yang telah selesai atau konferensi online dapat diputar ulang. Selain itu, pengguna dapat mengerjakan soal dalam fitur kuis dan bank soal secara gratis. Dibandingkan dengan aplikasi pembelajaran online lainnya, Ruangguru memiliki ukuran yang cukup besar yaitu 82,76MB.

2. Quipper

Quipper adalah perusahaan teknologi pendidikan yang didirikan pada tahun 2010 di London, Inggris. Layanan yang lebih tenang saat ini tersedia di berbagai negara seperti Jepang, Filipina, Meksiko, dan Indonesia. Sejak 2015, Quipper telah menjadi bagian dari ekosistem pendidikan Indonesia dan digunakan oleh lebih dari 5 juta siswa dan 350.000 guru di seluruh Indonesia.

Sekarang, aplikasi pembelajaran online Quipper memiliki empat fitur utama. Pertama, QuipperSchool sebagai sistem manajemen pembelajaran untuk guru dan siswa sekolah menengah dan atas. Kedua, QuipperVideo sebagai pembelajaran mandiri berbasis video online untuk siswa SMP dan SMA (kelas 9-12). Ketiga, QuipperVideo MasterClass, yang merupakan layanan premium dari Quipper Video, berisi dua fitur interaktif: Ask a Tutor dan Online Tutor. Program ini hanya untuk siswa sekolah menengah (kelas 10-12). Terakhir, QuipperCampus adalah portal informasi kampus terlengkap.

3. Kelas Pintar

Kelas Pintar menawarkan solusi pembelajaran komprehensif untuk siswa SD, SMP, dan SMA yang dapat diakses setiap hari. Pengguna dapat belajar berdasarkan karakternya masing-masing, baik secara visual, audio maupun kinetis. Dengan metode pembelajaran interaktif menggunakan video dan animasi, serta e-book, pembelajaran di Smart Class akan menjadi lebih mudah dan efektif.

Dalam aplikasi pembelajaran online ini, pengguna juga dapat mengerjakan soal berupa HOTS (High Order Thinking Skills), Virtual Lab dan VBQ (Value Based Questions). Hasil belajar dinilai melalui tes pas, soal pilihan ganda dan tes berkala. Aplikasi ini dapat diunduh dengan kapasitas 56,60 MB agar tidak relatif menguras ruang penyimpanan yang ada.

4. Rumah Belajar

Aplikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) ini hanya membutuhkan ruang 30,29 MB agar tidak kehabisan ruang penyimpanan. Sebagai portal pembelajaran online, konten yang disediakan berbasis audio, video, gambar dan animasi yang ditampilkan secara interaktif.

Aplikasi pembelajaran online ini juga menyediakan bank soal mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan SLB. Materi pendidikan untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) juga tersedia di aplikasi gratis ini. Berbagai fitur seperti Sumber Belajar, Virtual Lab, Virtual Classroom, Peta Budaya dan lain-lain berguna untuk mendukung proses pembelajaran guru dan siswa selama #DiRumahAja.