Pentingnya Tujuan Pembelajaran Bagi Siswa

Pentingnya Tujuan Pembelajaran Bagi Siswa

Tomboythemovie –¬†Saat menghadiri webinar, saya melihat analogi yang disiarkan oleh pembicara. Narator menggambarkan sekelompok remaja yang sedang berlibur bersama. Setiap orang hanya mengetahui satu informasi yang dikumpulkan di terminal pada hari dan waktu tertentu untuk pergi ke resor liburan bersama.

Ketika setiap remaja tiba di terminal, mereka bingung. Seorang remaja sedang membawa tenda dan bangku kaki. Remaja lainnya membawa topi pantai, kacamata, pakaian renang dan balon. Peralatan yang mereka bawa untuk liburan ini rusak. Analogi itu sendiri dengan tepat menunjukkan betapa pentingnya bagi guru untuk menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa.

Beberapa sekolah mengharuskan guru untuk menuliskan atau menampilkan tujuan pembelajaran di kelas setiap kali mereka belajar. Tindakan ini lebih dari sekedar administrasi kelas. Faktanya, ada baiknya mempertimbangkan mengapa ini digunakan sebagai pengingat dan referensi bagi guru saat dia memimpin siswa ke kelas.

Di akhir pertemuan, guru akan selalu mengacu pada tujuan pembelajaran tersebut dan membimbing siswa untuk menilai apakah mereka telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Jika tidak, guru dan siswa mendiskusikan langkah khusus apa yang harus segera diambil untuk mencapai tujuan tersebut.

Penilaian ini juga dapat diminta dari guru setiap kali mereka mengajarkan subtopik dalam rapat. Guru dapat merancang kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya dan selalu mencapai tujuan pembelajaran.

Kembali ke analogi di paragraf pertama, sekelompok remaja akan melihat akhir cerita yang berbeda jika mereka memilih untuk berlibur. Konsistensi dan kejelasan tujuan pembelajaran memandu penyelarasan peralatan yang akan disiapkan. Hal yang sama berlaku untuk guru dan siswa.

Tujuan pembelajaran memerintahkan guru untuk merancang dan mempersiapkan semua materi inti dan berbagai kegiatan pembelajaran yang bermakna yang secara bertahap akan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran tersebut.

Pada akhirnya, dengan memahami tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, siswa akan memahami ekspektasi yang harus mereka penuhi dalam rangkaian pembelajaran yang digunakan di kelas. Siswa akhirnya menyadari mengapa mereka perlu mempelajari topik yang dibahas dalam reuni kelas baru-baru ini.

Selama tiga tahun pengalaman mengajar saya sebagai guru profesional, saya selalu mengajukan pertanyaan kunci yang mengarahkan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran di sebuah unit. Tiga atau empat pertanyaan ini berfungsi sebagai pedoman untuk membantu Anda mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan oleh unit yang sedang dipelajari.

Biasanya saya menempelkan pertanyaan-pertanyaan tersebut di dinding samping dari papan tulis utama kelas. Seringkali saya mengaitkan apa yang sudah kami bahas dalam kegiatan di kelas, semisal diskusi kelompok, jigsaw dan observasi, dengan membaca pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Saya meminta siswa untuk menilai apakah kegiatan pembelajaran di kelas ini sudah membawa mereka untuk menemukan jawaban dari setiap pertanyaan tersebut. Tak ayal, kadang-kadang siswa menyadari apa yang kita sedang bahas bersama saat pembelajaran membuat mereka menemukan jawaban dari salah satu pertanyaan esensial yang ditempelkan di dinding tersebut.

Memahami tujuan pembelajaran adalah satu hal krusial yang harus dilakukan oleh pendidik dan peserta didik. Guru merancang dan memikirkan aktivitas pembelajaran dan segala alat peraga yang diperlukan dengan berkiblat pada tujuan pembelajaran ini.

Siswa dapat memahami alasan mengapa mereka mempelajari topik tertentu dengan baik dan melakukan semua aktivitas di kelas karena tujuan pembelajaran yang selalu mereka ingat atau baca setiap saat di kelas. Dilansir dari situs riverspace.org