Review Laptopp Gaming Alienware Area-51M

Review Laptopp Gaming Alienware Area-51M

Tomboythemovie –┬áDiluncurkan di CES 2019, Alienware telah meluncurkan laptop gaming dengan aksesori di PC. Tidak seperti laptop lain, Alienware Area 51M memiliki versi desktop dengan prosesor Intel Core i7 Generasi ke-9, bukan versi seluler. Dan juga versi desktop RTX 2070 dengan jam inti yang sedikit diturunkan. Pertama kali kami melihat laptop ini, desainnya sangat elegan. Berbalut warna putih dan bentuknya yang kokoh, laptop ini terlihat sangat premium. Namun sayang, laptop ini kurang terkesan bagi Anda yang ingin beraktivitas bolak-balik. Pasalnya laptop ini sangat besar dengan dimensi panjang (319,14 mm) x lebar (402,6 mm) x tebal (42 mm) dan bobot 3,87 kg. Anda harus sangat tidak nyaman jika ingin membawanya kemana-mana. Apalagi laptop ini membutuhkan 2 buah adaptor yang membuatnya semakin berat jika ingin dibawa kemana-mana.

Permukaan laptop ini dilapisi dengan karet yang tidak meninggalkan sidik jari, dan saat terkena debu sangat mudah untuk dibersihkan. Selain itu, karena menggunakan karet, permukaan penopang pergelangan tangan sangat nyaman dan tidak sama sekali saat digunakan. Namun anda harus hati-hati dengan karetnya, jika tergores dengan benda tajam maka lama kelamaan karet akan terkelupas. Di sebelah kiri laptop ini terdapat Noble Lock, ventilasi udara, Thunderbolt 3 (40 Gbps), USB 3.0 Type-A, lubang mikrofon 3,5 mm, dan lubang headphone 3,5 mm. Di bagian belakang, ia memiliki port HDMI 2.0, Mini-Display 1.4, RJ45 Killer E3000 2.5Gbps, penguat grafis Alienware, dan input DC ganda. Dan juga ventilasi udara di bagian belakang laptop ini memiliki LED yang dapat disesuaikan dengan pusat komando alienware. Berikut review dari duniamasa.

Keyboard

Keyboard di laptop ini menggunakan keyboard taktx Alienware. Nuansa keyboard ini sangat empuk dengan jarak 2,2 mm. Tata letak yang digunakan berukuran penuh, lengkap dengan numpad dan kunci makro. Dan tentu saja, ini mendukung RGB per tombol, memungkinkan Anda mengatur warna sesuai keinginan.

Panel sentuh

Permukaan touchpad pada laptop ini cukup lebar dan tidak licin. Selain itu, permukaannya sangat mudah dibersihkan saat terkena debu, dan juga tidak meninggalkan bekas sidik jari. Di bagian bawah terdapat dua tombol fisik untuk klik kiri dan kanan yang sangat empuk dan nyaman saat ditekan. Ini tidak cukup, permukaan touchpad ini RGB! Anda dapat mengubah warna sesuka Anda

Suara

Salah satu bagian yang kami sukai dari laptop ini adalah suaranya. Speaker stereo terdengar sangat jernih. Baik itu bermain game, mendengarkan musik atau menonton film. Jika kita meletakkan speaker di depan laptop ini, biarkan tangan kita sedikit bergetar di telapak tangan jika kita menyetel volume terlalu tinggi. Selain itu laptop ini memiliki beberapa mode audio yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan yang kita butuhkan.

Display

Laptop ini memiliki layar FHD (1920 x 1080) 17,3 inci, refresh rate 144Hz, dilengkapi panel layar IPS anti-silau dengan teknologi pelacakan mata NVIDIA G-SYNC dan Tobii. Laptop ini menggunakan panel LG Philips 173WFG. Dengan spesifikasi dan keunggulan layar ini, dijamin Anda akan betah untuk selalu melihatnya. Ringnya sendiri tidak terlalu tipis seperti laptop lainnya. Alienware Area 51M lebih mengutamakan kinerja daripada harus membuat tepian yang tipis.

Baterai

Kita tidak bisa lagi mengharapkan bagian baterai. Laptop ini hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 50 menit pada pengujian baterai yang kami lakukan dengan daya tahan baterai komputer. Sangat wajar, karena laptop ini menggunakan CPU desktop bukan versi mobile. Namun, jika baterainya bisa bertahan lebih dari 4 jam, ini bisa menjadi keunggulan dibandingkan laptop mewah lainnya.

Kemampuan ditingkatkan

Tidak perlu mengupgrade laptop. Jika kurang puas dengan spesifikasi yang ada, Anda bisa menambah RAM dan storage. Laptop ini memiliki total 4 slot ram soDimm dan 3 slot penyimpanan, 1 slot SATA dan 2 slot m.2. Anda juga dapat mengganti bagian CPU dan GPU, tetapi untuk ketersediaan Anda perlu mengonfirmasi hal ini secara langsung dengan DELL.

Suhu

Di palm rest, suhunya sangat sejuk. Biarlah kita merasa nyaman meski kita menggunakan laptop ini dalam waktu lama. Rasakan panas di bagian atas permukaan keyboard. Kami tidak menemukan adanya masalah dengan suhu, meskipun laptop berjalan dengan beban penuh. Namun saat kita overclock, suhu terasa sangat panas terutama pada CPU. Suhunya bisa mencapai 95 C dan akan menghambat perkalian CPU.

Performa

Laptop yang kami uji saat ini menggunakan Intel Core i7 9700k generasi ke-9, NVIDIA GeForce RTX 2070 dengan Ram 16 GB DDR4 2666 MHz dan SSD NVME 512 GB.

Tidak salah lagi, rekomendasi laptop gaming ini memiliki performa yang sangat mengagumkan. CPU desktop di laptop ini membuktikan bahwa kemampuannya bukan main-main. Tentang standar sintetis dan juga FPS dalam game. Alienware Area 51M mampu memuaskan Anda yang menginginkan performa tinggi pada sebuah laptop. Seperti biasa, jika Anda tidak senang dengan kinerjanya, meskipun begitu cepat, Anda dapat melakukan overclock secara manual untuk mencapai kinerja yang lebih baik. Namun sayang sekali ruang kepala yang dapat di-overclock pada CPU dan GPU pada laptop ini sangat terbatas karena pendinginnya. Kami mengalami masalah dengan suhu saat overclocking terlalu tinggi. Sehingga kami hanya bisa sedikit meningkatkan performa pabrikan.