5 Contoh Pelanggaran HAM Ringan Yang Harus Diwaspadai

Contoh Pelanggaran HAM Ringan

Contoh pelanggaran HAM ringan – Hak asasi manusia atau yang sering juga disebut dengan HAM merupakan hak yang sudah dimiliki manusia sejak ia lahir. Hak tersebut meliputi hak untuk hidup, hak mendapat keadilan, hak untuk berkeluarga, hak untuk beragama, hak kebebasan pribadi dan hak memperoleh kesejahteraan. HAM dimiliki oleh siapapun tanpa memandang agama, suku dan jenis kelaminnya. HAM memiliki sifat yang hakiki dan universal. Hak asasi manusia harus dilindungi, ditegakkan dan tidak boleh dilanggar.

Arti pelanggaran HAM sendiri menurut Poker Online pasal 1 angka 6 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 tahun 1999 adalah “setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat Negara, baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara hukum mengurangi, menghalangi, membatasi, dan atau mencabut hak asasi manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh undang-undang dan tidak mendapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku” . Pelanggaran HAM memiliki 2 jenis yaitu pelanggaran HAM berat dan pelanggaran HAM ringan.

Pelanggaran HAM Ringan

Pelanggaran HAM ringan adalah pelanggaran hak yang memiliki sifat sering terjadi di kehidupan sehari-hari dan ringan. Keegoisan seseorang menjadi salah satu penyebab terjadinya pelanggaran HAM ringan. Cara menghindari pelanggaran ini yaitu dengan meningkatkan rasa toleransi dan tidak melanggar hak orang lain. Berikut merupakan contoh pelanggaran HAM ringan:

1. Pencurian

Pencurian merupakan pengambilan barang tanpa seizin orang yang punya barang tersebut. Pencurian termasuk pelanggaran HAM yang sering terjadi di tengah kehidupan bermasyarakat. Orang yang melakukan pencurian disebut pencuri.

2. Pengancaman

Pengancaman sendiri menurut KBBI adalah kegiatan yang menyatakan maksud (rencana,niat) untuk melakukan sesuatu yang menyulitkan, menyusahkan, merugikan atau mencelakakan pihak lain. Untuk kasus pengancaman tentunya sudah diatur dalam ketentuan pasal 368 KUHP.

3. Penghinaan atau Pencemaran Nama Baik

Kasus pencemaran nama baik sering kali terjadi di Indonesia. Pencemaran nama baik terjadi kepada individu atau terhadap kelompok. Pelanggaran HAM ini juga sering terjadi sekarang ini melalui sosial media. Ada kemungkinan hal ini terjadi, yang pertama kemungkinan pihak tersebut dikucilkan oleh masyarakat. Kedua, jika sebuah perusahaan telah dihina atau dicemarkan nama baiknya karena hal tersebut dapat merusak nama baik perusahaan yang bersangkutan.

4. Kekerasan Fisik Yang Sifatnya Ringan

Kekerasan fisik merupakan perbuatan yang mengakibatkan orang lain jatuh sakit, merasakan sakit, atau memiliki luka berat. Kekerasan fisik yang sering terjadi di Indonesia yaitu kekerasan dalam rumah tangga. Tak jarang orang yang mengalami kekerasan fisik mengalami juga kekerasan psikologis. Biasanya kekerasan fisik disertai ancaman. Contoh bentuk kekerasan fisik yaitu menampar,memukul, menendang, menusuk, menjambak, membakar, menyulut dengan rokok atau melempar sesuatu yang keras ke arah korban.

5. Menghalangi Orang Lain Untuk Beraspirasi

Salah satu hak orang yaitu hak bebas berpendapat. Pemerintah atau individu lain tidak boleh melarang individu lainnya dalam beraspirasi. Sering terjadi juga saat orang mengemukakan pendapat, ada segilintir orang yang tidak dapat menerima pendapat orang tersebut karena tidak sejalan dengan nilai-nilainya. Indonesia juga seharusnya menjunjung kemerdekaan berpendapat karena dengan hal itu masyarakat Indonesia dapat memberikan kreatifitas, serta dapat berpartisipasi dalam kehidupan demokrasi. Setiap orang berhak berpendapat selama mereka dapat bertanggung jawab atas pendapatnya.

Pemerintah memiliki peran penting dalam menegakkan Hak Asasi Manusia di dalam kehidupan bermasyarakat. Pelanggaran HAM harus diminimalisir dengan upaya setiap individu menjunjung kehidupan yang aman. Banyak upaya yang dapat kita lakukan guna mengurangi baik pelanggaran HAM ringan maupun pelanggaran HAM berat.